//
you're reading...
Just one cent

B O H O N G!

“Kamu pasti bohong!” kataku untuk ketiga kalinya.

“ngga, aku ga bohong… bener aku tadi ketinggalan, habis kamu udah lari duluan sih, cepet banget, padahal pengen ngajak belok ke bebek kaleyo ;)“ katanya malah meledek.

Aku tetap tak percaya.

Sudah 2 tahun belakangan ini aku mulai mengamati dan mempelajari bagaimana kalau dia lagi bohong. Aku suka ga ngerti aja, kenapa dia harus bohong. Padahal kadang2 setelah aku korek-korek, alasannya untuk berbohong itu terlalu berlebihan menurutku. Terlalu mengkuatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi. Kadang dia bohong karena dia takut menyakiti hatiku. Takut membuat aku marah. Padahal, jusru aku lebih marah karena merasa dibohongi. Aku tidak suka dibohongi, apalagi oleh orang dekatku. Kebohongan itu menodai kepercayaanku.Menurutku orang-orang yang suka berbohong hanya menunjukkan betapa pengecutnya mereka. Mereka adalah orang-orang yang tidak berani menanggung resiko yang mungkin terjadi akibat perkataan jujur yang mereka utarakan.

Well, rasanya memang didunia ini tidak ada orang yang tidak pernah berbohong. Aku sendiripun bukan tidak pernah berbohong. Aku pernah berbohong. Cuma, yang membedakan orang-orang yang berbohong itu adalah tingkat kebohongannya. Ada orang yang mudah sekali berbohong, bahkan untuk hal sepele saja. Ada orang yang cuma berbohong disaat kepepet. Ada orang yang mungkin sangat jarang berbohong selama hidupnya, namun pastinya dia pernah berbohong.

Aku termasuk type yang ketiga, sangat jarang berbohong. Aku selalu mengatakan yang sebenarnya. Sangat jarang aku mengatakan yang tidak sebenarnya. Biasanya aku lebih memilih untuk diam, daripada aku harus bicara, tapi bukan yang sebenarnya.

Ada sohibku sejak remaja, yang begitu mudah berbohong. Aku pikir dia temasuk category no. 1. Begitu gampangnya dia menceritakan hal yang bukan sebenarnya. Begitu mudahnya dia bilang “A” padahal sebenarnya “B”. Bahkan dia sanggup untuk mengarang sebuah cerita dalam kebohongannya itu. Aku sampai tidak habis pikir, kenapa dia bisa seperti itu. Aku udah bolak-bolaik nasihatin dia, kalau kami sedang koreksi diri untuk improve. “Lis, elo tuh harus kurangin boong elo. Di kehidupan manapun, orang itu yang dipegang ya omongannya. Kalo elo mau terjun kebisnis dengan sifat lo yang seperti itu, susah nanti lo mendapat kepercayaan dari orang”. Begitu aku biasa menasihati, dulu. “Iya ya?” Begitu paling dia me-respond. Namun teteup, sampai sekarang aku ga lihat perubahan besar dalam hal sifat berbohongnya. Udah mendarah daging kali ya…. Entahlah….

Duluuu banget, waktu masih setahun-dua tahunan berteman dengan dia, aku suka marah sekali saat tau dia udah bohongin aku. Bolak-balik aku kesel dan marah sama dia, karena bolak-balik dia bohong. Sampai sekitar 10 tahunan mungkin, baru aku bisa belajar menerima sifatnya itu. Aku belajar ga terlalu pegang apa yang dia omongin, atau dia janjiin, supaya aku ga sakit hati banget kalo ternyata itu cuma dimulut doang. Cuma boongan aja. Aku tetap berteman dengan dia, karena diluar sifat kebohongannya itu dia tetap teman yang baik dan biasa jadi tempat curhatku.

Well, aku sih ga berpikir bahwa accepting (penerimaan) ku untuk sifat bohong itu adalah sikap yang baik, karena menurutku, harusnya yang diubah adalah sifat bohong itu, bukan aku yang berubah menjadi “menerima” sifat boong itu. Yaah.. abis mau gimana lagi… Dunia dipenuhi orang-orang pembohong, sementara aku hidup ditengah-tengah mereka… Mudah2an aku yang bisa mengubah mereka, bukan sebaliknya, aku yang berubah… <My Lord, please help me to keep my integrity…>

About susanrumbo

a simple and modest girl

Discussion

3 thoughts on “B O H O N G!

  1. Sepertinya kebohongan Sudah jadi kewajiban yang harus dan kudu di harus dari muka bumi!! setuju?

    Posted by Tucking ipad | December 20, 2010, 1:28 pm
  2. Hmmm yang ini kayanya dah selesai belum? kalo tidak salah di buat WP balasan deh hehehe

    Posted by sh4r3 | June 3, 2011, 1:10 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: